Resume 2 Psikologi Pendidikan : Psikologi Sekolah
“PSIKOLOGI SEKOLAH”
Psikologi sekolah dan
psikologi pendidikan adalah erat kaitannya antara satu dengan yang lainnya.
Berikut akan saya jelaskan satu per satu secara rinci dan jelas.
A.
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Adalah
ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.
Tujuan
pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal
sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia.
Kontribusi
psikologi pendidikan :
1.
Pengembangan kurikulum
2.
Pengembangan
program pendidikan
3.
Pengembangan
sistem pembelajaran
4.
Pengembangan
sistem evaluasi
1.
Pengembangan
kurikulum merupakan seperangkat program yang direncanakan dan dilaksanakan baik
di dalam maupun di luar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri.
Penyusunan buku ajar didasarkan pada segi-segi psikologus peserta didik.
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek yaitu:
·
Karakteristik
psikologis peserta didik
·
Kemampuan
peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
·
Pengalaman
belajar siswa
·
Hasil belajar (learning
outcomes)
·
Standarisasi
kemampuan siswa
2.
Pengembangan
program pendidikan, misalnya yaitu :
·
Penyusunan,
jadwal pelajaran, jadwal ujian, dan sebagainya tetapi tetap dengan
mempertimbangkan aspek psikologis peserta didik.
·
Penentuan
jurusan atau program
·
Pengembangan
program harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta didik
3.
Pengembangan
sistem pembelajaran yaitu dengan :
·
Pemilihan teori
belajar yang akan diaplikasikan
·
Pemilihan
model-model pembelajaran
·
Pemilihan media
dan alat bantu pembelajaran
·
Penentuan
alokasi waktu belajar dan pembelajaran
4.
Pengembangan
sistem evaluasi :
·
Penentuan teknik
evaluasi
·
Penentuan jenis
tes
·
Penentuan
mengenai waktu pelaksanaan evaluasi
B.
PSIKOLOGI
SEKOLAH
Adalah penerapan
ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis guna tercapainya
pendidikan di sekolah. Yang dimaksud dengan pelayanan psikologis adalah seperti
konsultasi dan konseling.
Tugasnya
membentuk individu yang sehat mental guna tercapainya proses belajar yang
efektif, seperti high academic
achievement, positive social skills and behavior, healty relationship and
connectedness, tolerance and respect for others, competence , self-esteem and
resiliency.
Fungsi psikologi
sekolah ada 3 tingkatan yaitu :
·
Tingkat
psikodiagnostik, yaitu wawancara, observasi, atau dengan penggunaan alat tes
·
Tingkat klinis
dan konseling, seperti terapi
·
Tingkat industry
dan organisasi, yaitu system dari organisasi yang salah
Pelayanan
psikologis bisa diberikan dengan :
·
Assessment
·
Consultation for
student, teacher, parents and staff.
·
Prevention
·
Intervention
·
Staff, parents,
and student education
·
Research and
program development
·
Mental health
care
0 komentar: