TIPS MENGELOLA STRESS AKIBAT COVID-19

08.34 0 Comments

By : Renya Clara


Hai hai semuanya!
Pada tau ga sih kalau karantina yang berkepanjangan berdampak cukup besar ke psikologis kita? Yang tadinya kita bebas kemana aja, sekarang harus berdiam diri dan melakukan segala sesuatunya dari rumah. Belum lagi masalah sekolah, kampus, kerjaan, dan keluarga yang harus diurus. Nah, kali ini aku bakal share tips gimana mengelola stress karena COVID-19.


Sebelum masuk ke tipsnya, cuma mau bilang kalau kamu harus kuat ya! Aku percaya kamu, aku, dan kita semua pasti bisa melalui ini. Fighting!



1. Istirahat dari memantau berita COVID-19
Kamu tau ga sih, informasi yang terlalu banyak tidak bagus loh. Apapun yang namanya "berlebihan" itu ga baik guys. Nah sama juga jika kamu terus-menerus memantau berita COVID-19 dan bahkan setiap hari menyebarkan info-info terbaru pada orang sekitarmu. Hal ini bisa saja membuatmu dan orang sekitarmu semakin takut serta merasa cemas setiap saat. Bahaya kan? Makanya cobalah untuk mengalihkan perhatianmu pada hal-hal yang lain.

2. Rawat tubuhmu!
Ayo mulai sekarang, usahakan untuk rutin berolahraga. Ngerasa ga sih semenjak pandemi berlangsung, banyak yang baru sadar akan petingnya menjaga kesehatan? Apalagi sekarang mulai ramai yang naik sepeda alias gowes. Nah kamu boleh banget nih ikutan gowes sekeluarga atau sama temen-temen kamu. Selain gowes kamu juga bisa coba meditasi loh. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga makanan yang seimbang yaitu makan 4 sehat 5 sempurna. Nah di masa pandemi seperti ini, ada satu hal yang harus kamu tambahkan dalam rutinitasmu yaitu memakan vitamin. Buat kamu yang belum yakin apakah makanan yang dikonsumsi sudah mengandung vitamin yang diperlukan tubuh atau bahkan masih kurang maka kamu harus konsumsi produk vitamin atau suplemen ya. 

3. Luangkan waktu untuk bersantai
Bukan berarti kamu diminta untuk selalu bersantai ya hehe. 
Coba sisihkan beberapa menit dari jadwal padatmu untuk melakukan hal yang kamu suka. Seperti misalnya bermain piano, menyanyi, berkebun, menonton drama korea (tetap ingat waktu ya), dan hal-hal lain yang bisa menambah semangatmu. Terus gimana dong kalau biasanya kamu emang santai-santai aja gitu? Wah ayo tobat guys haha, kamu ga boleh terlena dengan masa pandemi seperti ini loh. Boleh sesekali istirahat dari rutinitas seperti sesekali keluar rumah tetapi ingat kamu harus tetap produktif selama pandemi. Lah jadi gimana dong biar bisa tetap produktif selama pandemi? Nah next blog aku bakal jelasin panjang lebar khusus buat kamu semua. Ditunggu ya guys.

4. Tetap jalin komunikasi dengan orang lain
Di saat-saat berat seperti ini, semua hal menjadi tidak pasti dan wajar aja kalau kamu merasa sedih, lelah, atau bahkan cemas akan hidupmu. Kamu bisa bercerita pada orang yang kamu percaya tentang perasaan dan pikiran yang sedang mengganggumu. Dengan kamu cerita ke mereka, kamu bisa lebih lega dan tenang. Kenapa bisa gitu ya? Karena dengan bercerita ke orang lain, emosi kamu menjadi reda dan juga bisa membalikkan mood kamu. Inilah mengapa banyak orang yang datang ke psikolog untuk membuat janji konseling. Apalagi jika kamu konseling dengan seorang psikolog, kamu akan mendapat banyak insight atau pencerahan terkait masalahmu. Itulah manfaat dari konseling, so kalau kamu merasa tidak sanggup menahan masalahmu sendirian maka boleh aja cerita ke orang yang kamu percaya atau mencari pertolongan psikolog.


Masa pandemi ini banyak membuat orang-orang sekitar bahkan diri kita sendiri menjadi stress dan cemas yang berkepanjangan. Maka dari itu kita harus saling menopang dan menyemangati satu sama lain, jangan lupa share tips ini ke orang-orang yang kamu sayangi. Sekian dulu postingan kali ini ya guys, stay safe and stay healthy.

0 komentar: