Resume 3 Psikologi Pendidikan : Bimbingan Konseling

23.01 0 Comments


“BIMBINGAN KONSELING”

A.    Pendidikan bermutu :
Transformasi iptek.
Profesionalisme & sistem manajemen
Tenaga kependidikan.
Pengembangan kemampuan peserta didik (aspek akademis, pribadi, sosial)

B.     Bimbingan dan Konseling Sekolah terkait dengan program pemberian layanan bantuan kepada siswa dalam upaya mencapai perkembangan yang optimal, melalui interaksi yang sehat dengan lingkungan.Berikut akan saya jelaskan secara sistematis satu per satu.

C.     Bimbingan merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam mencapai perkembangan optimal yaitu perkembangan yang sesuai dengan potensi dan sistem nilai tentang kehidupan yang baik dan benar.

D. Konseling merupakan layanan utama bimbingan dalam upaya membantu individu agar mampu mengembangkan diri dan mengatasi masalah melalui hubungan tatap muka atau melalui media, baik secara perorangan maupun kelompok.


Ragam bimbingan menurut masalah :
1.      Bimbingan akademik
2.      Bimbingan sosial pribadi
3.      Bimbingan karir

Bimbingan akademik
Diarahkan  untuk membantu individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah akademik :
   - Pengenalan kurikulum.
   - Pemilihan jurusan.
   - Cara belajar.
   - Penyelesaian tugas dan latihan.
   - Pencarian dan penggunaan sumber belajar.
  
Bimbingan sosial pribadi
 Membantu siswa memecahkan masalah sosial pribadi :
   - Hubungan sesama teman.
   - Hubungan dengan guru dan staf .
   - Pemahaman sifat.
   - Penyesuaian dengan lingk pendd & masy.
   - Penyelesaian konflik

 Bimbingan karir
Membantu individu dlm perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah karir :
   - Pemahaman terhadap jabatan, tugas kerja.
   - Pemahaman kondisi dan kemampuan diri.
   - Pemahaman kondisi lingkungan.
   - Perencanaan dan pengembangan karir.
   - Penyesuaian pekerjaan.
   - Pemecahan masalah karir yang dihadapi.

Jenis Layanan Bimbingan:
·         Pelayanan pengumpulan data tentang siswa dan lingkungannya sbg usaha utk mengetahui diri individu seluas-luasnya & latar belakang lingkungannya.
·         Penyajian informasi yang menyajikan informasi mengenai berbagai aspek kehidupan yang diperlukan individu. 
      Orientasi/Orientation (Cara belajar, ergaulan., Artikulasi (Articulation – khusus untuk calon siswa), dll.
·         Konseling merupakan layanan terpenting dalam program bimbingan yang memfasilitasi individu memperoleh bantuan pribadi secara langsung.
·         Penempatan (Placement) dan  Tindak lanjut (Follow-up – khusus untuk alumni): pilihan kegiatan ekstrakurikuler, pilihan program studi, pilihan sekolah lanjutan, tindak lanjut., dll.
·         Konsultasi(Consultation)
·    - Dengan petugas administrasi sekolah
·    - Dengan staf pengajar.
·    - Dengan orangtua siswa – secara
·      individual atau dalam bentuk pertemuan
·      dengan para orangtua.
·Penilaian dan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tujuan apa saja yang telah dicapai dari program yang  dilaksanakan.
·

F.      Pendekatan Bimbingan :
·         Pendekatan Krisis, membantu individu yang datang sesuai dengan masalah yang dihadapinya dengan lebih menggunakan pendekatan psikoanalisa.
·         Pendekatan Remedial, membantu memperbaiki kesulitan dan kelemahan individu dengan lebih menggunakan pendekatan behavioristik.
·         Pendekatan Preventif, mengajarkan pengetahuan dan keterampilam untuk mencegah dan mengantisipasi masalah.
·         Pendekatan Perkembangan, menggunakan teknik pembelajaran, pertukaran informasi, bermain peran, tutorial, dan konseling.
·
Kualitas Pribadi Konselor

 Karakteristik kualitas pribadi konselor:

pemahaman diri (mengetahui masalah yg harus diselesaikan)

kompeten,

kesehatan psikologis,

dapat dipercaya,

jujur,

kekuatan (agar klien merasa aman),

bersikap hangat,

active responsiveness (bersifat dinamis),

sabar,

kepekaan (menyadari  masalah yg tersembunyi pada klien),

kesadaran holistic (memahami klien secara utuh).

0 komentar: